Selasa, 29 Juni 2010

Lika-Liku Survey

Malem bro. Aku capet banget nih. Baru pulang dari perjalanan panjang yang penuh lika-liku(aku gak bohong loh, jalannya memang banyak belokkan). Oke. Aku gak mau capek sendiri. Aku akan ngebaginya sama kamu. Mau? mau ya?

Perjalanan ini adalah perjalanan survey lapangan untuk rihlah....

"Tunggu! Sebelum kamu cuap-cuap about derita kamu itu, aku mau nanya dulu. Rihlah itu apaan?!"

Rihlah? Rihlah itu...(sok berpikir). Rihlah itu adalah...(masih berpikir sambil megang dagu yang gak berjenggot). Rihlah...(garuk-garuk kepala karena dah mulai pusing). Hmmm, rihlah itu hampir kayak hiking yang sering diadain anak pramuka. Tapi ini hiking ala Islam. Pokoknya keyen banget deh. Untuk lebih jelas silahkan hubungi anak ROHIS terdekat.

Yup, kita masuk ke dalam cerita yang melelahkan ini. Hufft. Dimulai dari hal yang membosankan. Menunggu. Menunggu teman-teman mau ikut menderita. Namanya... Sebut aja ya. Si Idep and Bang Yogi. Cukup lama sih nunggunya(lebih tepatnya sangaaaat lama), tapi tak apalah. Setelah berjumpa dengan orang yang ditunggu mulailah dilakukan pencarian angkot yang menuju daerah target yakni Pantai Air Manis. Tau? Pusing juga nyarinya. Setelah nanya-nanya dengan warga pasar akhirnya ketemu juga angkotnya. Alhamdulillah. Maka naiklah diriku dengan diri Idep dan Bang Yogi.

Setelah sekian detik (detiknya sampai ribuan) bengong di atas angkot sampai juga deh di daerah Jembatan Siti Nurbaya. Di sinilah penderitaan itu di mulai (lebay dikit ya). Menaiki pendakian yang lumayan tinggi(bukan lumayan lagi) yang udah di semen. Jauh banget bro, saking jauhnya aku gak sempet ngitung berapa kilo jauhnya. Melangkahkan kaki di atas semen, gak asik banget. Jalannya mendaki lagi. Berkelok-kelok pula.

Rasanya tak mampu diriku melawati itu semua. Lutut ini udah mulai goyah. Tenaga mulai habis. Nafas udah nyap-nyapan. Keringat udah ngalir deras. Tapi dengan semangat 2010 aku terus mencoba menyeret kaki ini agar segera tiba di Pantai Air Manis. Tanpa disangka-sangka aku dah deket pantai nya (lebay lagi). Untuk masuk daerah pantai kita harus bayar dulu. Aku juga gak tahu bayar untuk apa. Buat aku sih gak masalah kalau harus bayar jika uangnya digunain untuk perkembangan pariswisata di Sumatera Barat. Iya gak cuy? Tapi permasalahanya pembayaran yang menimpaku itu adalah pungutan liar(pungli). Namanya juga pungli, mungkin gak digunain buat ngembangin pariwisata kita???

Karena adzan udah berkumandang kami pun sholat dulu. Cari masjid dan ketemu. Udah sholat, istirahat bentar di dalam masjid. "Ngegosip" dikit bareng Bang Yogi dan Idep.Upps, maksudnya cerita-cerita pengalaman gitu. Hehehe. Ok. Istirahat selesai! Kita harus melanjutkan survei. Ke pantai bro. Tapi ternyata perjalanan kami menuju tepi pantai tidak berjalan mulus. Ada yang menghentikan kami. Apa itu? Bau wangi pisang goreng telah mencuri perhatian. Hehehe. Makan dulu. Makasih yang Bang Yogi udah bayarin pisangnya. Pisangnya uenak buanget. Mak nyus.

Udah ngisi perut nih. Walaupun dikit. Yang jelas syukuri apa yang ada aja(kayak lagu D Massiv). Menuju pantai yang sangat dekat dengan tempat orang jual pisang goreng tadi (di belakang warung tadi maksudnya, hehehe). Pasiirrr.... Aku seneng banget nginjak pasirnya. Soalnya dari tadi cuma nginjak aspal dan semen doang. Weleh weleh, lebay banget ya. Tapi cuma bentar. Lihat-lihat situasi sekitar, pulang deh. Puuuuuuulaaaaaaaang.....

Eitts... Lagi-lagi pisang goreng menggoda kami(lebih tepatnya Bang Yogi). Di beli lagi deh ama si abang kita. Lagi-lagi aku juga dibeliin. Baik yah abangnya. Hehehe. Makan pisang goreng sambil nunggu angkot. Hmmm, cukup asyik.

Angkotnya belum juga menampakan diri. Menunggu lagi. Karena angkotnya belum menampakan diri juga, kami memilih terus berjalan sambil nunggu. Jalan lagi. ANGKOOOOOOT. Tapi penuh. Gak da pilihan lagi, kami harus naik angkot itu bagaimanapun caranya. Pada kesempatan kali ini Bang Yogi dan Idep dapat perlakuan khusus untuk ngegantung di pintu angkot. Hehehe. Dan aku duduk di dalam angkot. Tunggu, jangan kamu kira aku duduk manis di dalam angkot ya. Mana bisa nyantai di angkot yang udah bener-bener penuh. Melebihi muatan malah. Panasssss. Ditambah lagi semerbaknya berbagai jenis dan ragam bau termasuk bau badan. Iiiihh, jorok banget.

Lagi-lagi bengong di atas angkot. Tapi kali ini bengongnya gak bisa serius (bengong kok serius??) karena banyak gangguan yang kompleks banget(bukan komplek bro). Daaaaaannnnn..... turun. Jangan lupa bayar ongkos dulu. Eh, ternyata uangnya kurang. Harus nambah dund. Tak ape, yang penting udah turun dari sedikit penderitaan. Tinggal naik angkot menuju rumah tercinta. Stop! Ada yang bernasib lain. Idep dan Bang Yogi. Idep masih gemeteren karena ngegantung di angkot tadi. Sedangkan Bang Yogi encoknya kambuh(maaf bang...) dikarenakan hal yang sama.

Mudah-mudahan semua yang terjadi bernilai pahala di sisi Allah. Aamiin. Ingat semua cerita di atas adalah fakta. Jadi ambil hikmahnya aja. Yang buruk simpan aja dalam lemari lalu kunci. Okay?

Udah ah ngantuk nih. Kepala juga dah mulai nyut-nyutan. Istirahat mungkin solusi terbaik. Semoga enjoy selalu di blog anak muda ini.

(Maaf buat namanya kesebut dalam postingan ini. Semuanya dengan niat baik koq. Lagian yang diceritain cuma yang baik-baik aja.)

http://www.taufikmuda.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar